Kamis, 16 April 2009

TENTANG BURUNG IMIGRAN

MATA BURUNG BERKEMAMPUAN MELIHAT MAGNET
Hal ini bermula dari hipotesis Klaus Schulten dari Universitas Illinois, AS. Ia mengungkapkan pendapatnya bahwa burung-burung migran pasti memiliki molekul-molekul di mata atau otak yang peka terhadap medan magnetik Bumi. Teori ini sudah dipelajari sekitar empat puluh tahunan, namun tak satu pun ilmuwan yang berhasil membuktikan adanya molekul tersebut.

Dan akhirnya hipotesisnya itu dapat terbukti. Para ilmuwan menduga bahwa molekul yang dimaksudkan oleh Klaus adalah cryptochrome, sejenis proyein yang sentitif terhadap cahaya. Selain itu chriptochrome ini juga befungsi dalam pengaturan jam biologi, seperti pengaturan tahap pertumbuhan pada tanaman dan waktu kawin.
Subhanallah, sungguh Allah memang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi terhadap makhluk-Nya. Allah telah melengkapi mata burung dengan chriptochrome yang memungkinkan burung untuk dapat melihat medan magnet bumi. Memang di dunia ini tidak ada yang kebetulan. Semua telah dirancang dengan sempurna oleh Sang Pencipta, Allah swt.

Tidak ada komentar: