Selasa, 03 Februari 2009

Blogger Generasi Muda LDII Meramaikan Dunia Maya

Blogger Generasi Muda LDII Meramaikan Dunia Maya Kirim halaman ini ke teman via E-mail
ImagePenyebaran informasi yang fenomental, murah dan mampu menciptakan jejaring (network) masih didominasi oleh blog. Para blogger inilah yang membuat berkembangnya fenomena jurnalisme online. Blog mewakili individu, sehingga sulit dipertanggungjawabkan dan dituntut melalui KUHP atau UU Pers.

Para Blogger lemah dalam melakukan cek ricek, coverboth side dan tidak dapat dijadikan sumber berita yang terpercaya. Bagaimana blog itu dapat dipercaya ? Blog yang dapat dipercaya haruslah memenuhi kaidah jurnalistik dan dikerjakan melalui proses jurnalistik yang benar.

ImageBelatar belakang dari pentingnya ilmu jurnalistik untuk menulis di blog,  Departemen Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK)  dan Departemen Komunikasi, Informasi dan Media (KIM), DPP LDII mengadakan workshop Jurnalistik, Fotografi dan Menulis Arabic yang diadakan di Wisma DPD LDII Jakarta Barat, Jl. Jaini No. 46 Kebon Jeruk Jakarta Barat, tanggal 1 Februari 2009.

Materi Jurnalistik disampaikan oleh Ludhy Cahyana  dari Redaktur Pelaksana Majalah Venue, materi Fotografi disampaikan oleh Deddy Baros dari Deddy Baros Photography School dan materi penulisan Arabic dibawakan oleh Wiwid Lukiyanto.

Menurut Ketua Dept. OKK DPP LDII saudara Muhammad Ied mengatakan, workshop ini bertujuan selain kaderisasi pada generasi muda LDII juga membekali ilmu jurnalis sehingga apa yang mereka tuliskan pada blog dapat dipercaya sebagai berita yang aktual.

ImageImage

Generasi Muda yang datang mengikuti workshop tersebut selain dating dari wilayah Jabotabek, juga diikuti dari beberapa kota seperti Bandung, Yogya, Makassar, Serang, Cilegon dan Balikpapan.